to anak kelas X : Milih jurusan IPA ato IPS ?

 Selamat Buat Yang baru naik Kelas XI.New Spirit pasti..
Tapi,sudahkah anda merasa cocok dengan jurusan yang anda pilih??comfortkah kamu di IPA nanti?ato justru merasa lebih berkembang d IPS..
Berikut ni akan sedikit membantu kamu “memprediksi” apa kamu emang cocok dengan jurusan yang bakalan kamu tempuh..
1.langkah pertama..
Tak ada yang menyangkal kalo nilai rapot kita adalah barometer terbaik untuk mengukur seberapa kemampuan kita di Pelajaran itu,coba deh..nilai lagi Rapot kamu,liat nilai fisika,kimia dan matik kamu (mengapa Bio nggak???cz..menurut banyak anak..bio itu ilmu IPA yang basicnya hafalan..y gk??).
a.Kalo nilai yang kamu dapet itu diatas 70-75 dan kamu merasa bahwa kamu dapetin itu atas hasil murni jerih payahmu (gag asal nyontek!)…Selamat..Kamu bakal mampu eksis di IPA (Cuma eksis,belum tentu berprestasi…)
b.Kalo nilai yang kamu dapet itu 75 ke atas…kemungkinan untuk berkembang di IPA sangat besar!!!keep up..!!!
c.Nah,kalo nilai kamu di Kimia,Matik ato Fisika salah satunya ada yang di bawah 70,..69 aja misale… selamat(???) kamu bakal merasa bahwa IPA gag cocok buat kamu,
ada 2 pilihan di sini
1.Kamu lanjut di IPA(dg sangat kerja keras untuk 2 tahun ke depan pastinya..-harus tahan frustasi pula!!
2.Kamu lari ke IPS, dengan catatan : nilai Ekonomi, Akuntasi dan Geo kamu bagus (mengapa sejarah gag di itung???cz pelajaran sejarah di SMA itu notabene hanya tambahan dari Sejarah yg kamu Dapet di SMP!!)…kalo nilai kamu bagus…kamu gag bakal kesulitan buat Berprestasi di IPS(asal sesius belajare…) Kalo nilai pelajaran itu juga jeblok!!!..nyantai aja… takdir kamu emang IPS…cz di IPS logika kamu dijamin gag diperas se”heboh” anak IPA kok,soal Hafalanya IPS?? asal banyak baca buku..lama2 khan hafal ndri ….
Nah..tu tadi Cuma mainan angkan dari hasil rapot kamu,..
Coba juga …
2.Langkah kedua..
Diamlah…renungkan…pikirkan..
bandingkan :
    1.Guru2 IPA di sekolahmu vs Guru2 IPS di sekolahmu
Why?karna guru yang baik + enak di kamu dan kamu simpatik ma dia,akan membawa kamu ke arah menuju prestasi…sedangkan guru yang di mata kamu bikin “enek” –bikin kudu muntah- gag bakalan bisa bawa kamu berkembang dipelajarannya..ya to??
    2.Moodmu ketika Diajar Fisika+Matik dengan ketika diajar Ekonomi+Geografi
Why?kenapa fisika+matik..bukan kimia ato Bio..
Coz,Kadar keIPAan paling tinggi itu ada di Matik n Fisika..Ijirane perlu Logika banget!!!
Why?kenapa Ekonomi+Geografi…
Coz,Matik di IPS itu y Ekonomi tu…itungannya tapi gag bakal jauh dari uang..kalo fisikanya IPS..Geo..keduannya sangant erat..(gk prcaya??coba ikut Olimpiade Geo-Science dh..)
Jadi,kalo kamu lebih mood di ajar matik ketimbang Ekonomi..IPA is the answer dan sebaliknya.
3.Langkah Ketiga
Belum mantep dengan indikator2 diatas???
Langkah ketiga ni Cuma buat kaum Muslim..
Sebelum tidur,Sholat Istikhoroh deh..
Insya Allah bakal dapet jawabane…amin..
.
.
.
Semua yang kamu baca tadi gag ada hubungannya dengan “ramal-meramal”,Dunia Psikolog ato yang sejenisnya.Semua patokan di atas murni di tulis atas pengalaman penulis sendiri,dengan tuuan hanya untuk membantu adik2 kelas X yang baru naik kelas.Pastikan kamu2 semua dapet jurusan yang sesuai dengan mau kamu…minat kamu..dan kemampuan kamu.

Soal berkembang tidaknya kamu,ato berprestasi tidaknya kamu,Bukan ditentukan dari kamu anak IPA ato IPS,melainkan kamu anak yang Tekun dan serius ato tidak!!! Dan semua itu tergantung di kamu sendiri,bukan Guru,Tentor,Buku ato Vitamin yang kamu minum!!

Yang paling penting,pikirkan jurusan yang kamu pilih untuk kuliah sejak saat ini,Cocokkan dengan Jurusan yang kamu ambil di SMA.Memang banyak yang beranggapan kalo hal tersebut”..alah sik 2 tahun ae…dipikir bsok ae…” !!!jangan sampai kamu mikir begitu,ato akmu bakal nyesel nantinya!!

Salam sukses!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: