Asal mula Sufferboard

Jauh sebelum kapten Cook berlayar memasuki teluk kealakekua pada tahun 1778, orang – orang Hawaii telah menguasai tehnik berdiri tegak di atas papan selancar sambil meluncur cepat menuju pantai. Papan selancar awal ini dibuat dai kayu keras berukuran panjang 4,5 meter dan bobotnya mencapai 68 kg! absolutely Primitive..

Papan selancar ini sulit dikayuh dan banyak orang mengira hanya orang hawai saja yang bisa menggunakannya. Namun jelang abad ke 20,papan selancar diperkecil dan diperingan bobotnya.Kemudian selancar mulai populer di kalangan sekolah.pada tahun 1907, George Freeth, seorang pemuda keturunan Irlandia – Hawaii pindah ke California Selatan, tempat ia mempopulerkan olahraga ini dikalangan anak muda Amerika.Setelah PD II,California Selatan menjadi tempat percobaan papan selancar. Para perancang membuat Skeg (sirip ekor) dibagian belakang dan menambahkan tali yang nantinya diikatkan pada pemakai papan.


Papan kemudian bahannya diganti dengan styrofoam berlapis fiberglass+resin. Ini menghasilkan papan seluncur yang lebih cepat,ringan dan kuat.Sehingga memungkinkan untuk dipake siapa saja. Termasuk warga Trenggalek yang ingin mencoba,Silahkan mendaftarkan diri di sebuah hotel di dekat Kali ngasinan.Anda dapat berlayar sepuasnya dengan paket program yang telah dijanjikan..dengan catatan: ngasinane pas banjir!!he3


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: